1. Perbesar Saluran In dan Ex
Maksudnya
adalah perbesar saluran masuk dan buang pada silinder. Gunakan saja
ampelas kasar buat memperbesarnya. Kudu sabar dan hati - hati tentunya.
Hal ini akan memperlancar pasokan bensin yang ke ruang bakar dan juga
memperlancar gas buang yang keluar dari ruang bakar.
2. Naikkan Kompresi
papas head silinder |
paling sering
dilakukan oleh pemula, yaitu dengan menaikkan kompresi. Biasanya
mengganti perpack blok silinder dengan yang lebih tipis. Kalau bengkel
lebih menyarankan dengan cara dipapas head silindernya sekitar 1 mm.
Dengan ini kompresi jadi lebih besar dan pastinya performa mesin jadi
lebih mantap. Namun mesin jadi lebih panas.
3. Ganti Sistem Pengapiannya
CDI Racing (Iridium) |
Ini juga
termasuk salah satu yang paling sering dilakukan. Boleh dibilang inilah
langkah paling mudah, tinggal plug in, setel karbunya, jadi deh... Ganti
pengapiannya, misal dengan cara mengganti CDI racing, Mengganti busi
racing ataupun mengganti dengan koil racing. Aksesoris itu banyak dijual
di toko - toko onderdil motor kok. Harganya, gak begitu mahal buat
speedgoers. Misal CDI merek BRT harian buat Shogun dipatok Rp350rb.
CDI racing (BRT) |
4. Gunakan Knalpot Racing
Berbagai merek knalpot racing |
Ganti knalpot
dengan knalpot racing atau freeflow. Walaupun suaranya jadi berisik,
namun cukup buat meningkatkan akselerasi motor bebek anda. Untuk
knalpot, banyak pilihannya, mulai dari yang bermerk hingga yang tidak
bermerk. Bagi para empu motor bebek, kebanyakan memilih knalpot Nobi.
Karena banyak yang bilang bisa menambah akselerasi. Selain itu juga ada
dua pilihan suara, mau keras atau halus. #bukan promosi lho...:)
5. Gunakan Bensin Berkualitas
Pertamax |
Sepele namun
terbukti. Selain membuat pembakaran makin sempurna serta mesin menjadi
lebih awet juga mampu meningkatkan performa motor. Sebagai contoh Yamaha
Vixion temen ane yang dikasih makan Pertamax, bisa lari hampir 140
km/jam. Padahal sebelumnya Topspeednya mentok di 130km/jam. Lumayan...:D
Langkah -
langkah di atas merupakan langkah yang sering dilakukan mekanik untuk
menaikkan performa motor bebek untuk harian. Lumayan kan bisa buat tarik
- tarikkan di trek lurus sama Satria FU atau bahkan Ninja sekalian....
Wow... yang terakhir sih keknya sulit klo korek harian... hehe... Kalau
mau lebih jos lagi, main bore up aja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar